dc.description.abstract | Kabupaten Jember merupakan sebuah kabupaten yang hingga saat ini
berusaha berkembang sepertihalnya kabupaten lain di Jawa Timur.
Perkembangan yang terjadi ini pastilah memiliki kaitan yang erat dengan bidang
sosial, budaya, dan pendidikan. Seiring berjalannya waktu, Kabupaten Jember
memiliki perkembangan yang cukup pesat. Sekarang pun Kabupaten Jember
mulai dikenal oleh masyarakat luas akan pendidikannya. Banyak universitas
negeri maupun swasta yang didirikan di Kabupaten Jember. Salah satunya yaitu
Universitas Negeri Jember yang banyak dikenal masyarakat dengan sebutan
UNEJ.
Universitas Jember ( UNEJ) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang
terletak di kota Jember, Jawa Timur. UNEJ banyak diminati pelajar yang baru
lulus dari bangku SMA untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi,
sehingga jumlah mahasiswa dosen dan staf pada Fakultas Ekonomi, Fisip, Sastra,
dan UPT Bahasa ini cukup banyak, sehingga membutuhkan satuan ruang parkir
(SRP) dan kebutuhan ruang parkir (KRP) yang cukup besar pula.
Kendaraan yang banyak digunakan oleh mahasiswa, dosen dan staf pada
Fakultas Ekonomi, Fisip, Sastra, dan UPT Bahasa rata-rata adalah kendaraan roda
dua. Banyaknya kendaraan roda dua yang digunakan di Fakultas Ekonomi, Fisip,
Sastra, dan UPT Bahasa ini, maka akan menimbulkan sebuah tarikan yang cukup
besar, lalu permasalah yang timbul dari besarnya tarikan tersebut adalah
kebutuhan ruang parkir ( KRP ) yang dapat menampung dan memberi
kenyamanan bagi para mahasiswa, dosen dan staf di UNEJ. Hal ini sangat
dipengaruhi oleh pola tata guna areal parkir yang bersangkutan. Sehingga di
dalam penanganan masalah parkir harus pula diikuti dengan pengaturan mengenai
pola tata guna lahan yang disesuaikan dengan rencana detail penyediaan fasilitas
parkir kendaraan, selain itu perencanaan lay out dan sirkulasi kendaraan juga
perlu diperhatikan.
Oleh karena itu, penelitian / perencanaan ini diharapkan dapat
memecahkan masalah terhadap kebutuhan ruang parkir (KRP) dan satuan ruang
parkir (SRP) pada keempat fakultas tersebut, sehingga akan berdampak positif
terhadap efektifnya KRP dan SRP agar dapat menampung kendaraan roda dua
maupun roda empat di keempat fakultas tersebut. | en_US |