Show simple item record

dc.contributor.authorKristiana, AI
dc.contributor.authorSuharto
dc.date.accessioned2017-01-17T07:23:30Z
dc.date.available2017-01-17T07:23:30Z
dc.date.issued2017-01-17
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78743
dc.descriptionFKIP Universitas Jember Jl. Kalimantan 37 Jemberen_US
dc.description.abstractMateri matematika merupakan salah satu mata pelajaran momok bagi siswa khususnya siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Latar belakang kognitif dan motivasi siswa masuk pada SMK menyebabkan mereka kesulitan dalam belajar matematika. Pemahaman konsep yang diharapkan dapat memudahkan siswa SMK untuk dapat menerapkan materi matematika pada bidang jurusan yang mereka pilih. Melalui model pembelajaran yang variatif memungkinkan siswa mampu memahami materi matematika. Model pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah model pembealjaran matematika berstandar NCTM dengan nuansa Cognitive Load theory yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika di SMK. Dengan dikembangkannya model pembelajaran sebagai pendukung dikembangkan pula perangkat pembelajarannya. Model pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Plomp. Untuk aspek kevalidan produk pengembangan pada tahun pertama dan aspek kepraktisan dan keefektifan dilakukan untuk tahun kedua. Subyek coba pada penelitian ini adalah siswa SMK kelas X pada SMKN 5 Jember dan SMK Nurul Huda Situbondo. Proses pengembangan model dan perangkat pembelajaran berstandar NCTM dengan nuansa cognitive load theory dilakukan sesuai prosedur model pengembangan Plomp yang terdiri: (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi, dan (4) tes, evaluasi dan revisi. Melalui fase tes, evaluasi dan revisi, hasil pengembangan buku model, rencana pelaksanaan pembelajaran, buku siswa dan lembar kerja siswa memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Sehingga produk pengembangan berupa model dan perangkat pembelajaran matematika berstandar NCTM dengan nuansa cognitive load theory adalah valid, praktis dan efektif. Dengan adanya model pembelajaran matematika berstandar NCTM dengan nuansa Cognitive Load Theory diharapkan mampu meningkatkan pemahaman matematika pada siswa SMK.en_US
dc.description.sponsorshipHibah Bersaing 2016en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseriesHibah Bersaing;2016
dc.subjectModelen_US
dc.subjectPerangkat pembelajaranen_US
dc.subjectstandar NCTMen_US
dc.subjectCognitive Load Theoryen_US
dc.subjectMatematika SMKen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERSTANDAR NCTM DENGAN NUANSA COGNITIVE LOAD THEORY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH KEJURUANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record