Show simple item record

dc.contributor.advisorANDRIANTO, Anang
dc.contributor.advisorNURDIANSYAH, Yanuar
dc.contributor.authorFAIZAL, Mochmad
dc.date.accessioned2017-01-16T03:21:15Z
dc.date.available2017-01-16T03:21:15Z
dc.date.issued2017-01-16
dc.identifier.nimNIM102410101108
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78649
dc.description.abstractToko Fazira sebagai toko yang mempunyai segmen pasar islam perempuan. Mulai dari kerudung, busana, dan gamis telah menyediakan busana muslim yang sesuai dengan model masa kini. Sistem penjualan, toko Fazira sampai saat ini masih menggunakan sistem konvensional dimana pelanggan harus datang ke toko untuk melihat produk yang dijual dan melakukan transaksi di tempat. Kegiatan tersebut akan memakan waktu dan biaya bagi pelanggan yang dari luar kota. Tingginya persaingan dalam bisnis penjualan busana muslim mendorong toko Fazira untuk memperluas pangsa pasar. Pelanggan toko Fazira biasanya akan dihadapkan dengan permasalahan banyaknya pilihan item busana muslim yang ada. Sebelum pelanggan datang ke toko Fazira terlebih dahulu pelanggan mempunyai pilihan terhadap suatu item yang dicarinya. Ada juga pelanggan yang datang tanpa adanya tujuan item busana muslim yang akan dicarinya. Pelanggan yang belum ada pilihan tersebut akan mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan memilih busana muslim dengan banyaknya item yang ada. Diperlukan suatu rekomendasi baik itu dari pelanggan maupun dari sistem yang ada. Permasalahan yang terjadi pada toko Fazira menjadikan pihak manajemen toko Fazira harus mengambil langkah baru yang tepat. Langkah tersebut adalah dengan membangun sebuah sistem informasi penjualan onlline atau lebih dikenal dengan sebutan e-commerce yang menerapkan sistem rekomendasi. Sistem akan merekomendasikan item-item tertentu pada user yang melakukan pembelian. Hasil rekomendasinya hanya dikhususkan untuk user dan memungkinkan user mendapatkan rekomendasi busana yang tepat. Metode yang digunakan dalam penerapan sistem rekomendasi tersebut adalah Weighted Product. Metode tersebut merupakan metode yang digunakan untuk merekomendasikan item berdasarkan kesesuaian antara kerudung dengan busana dan selanjutnya dilakukan perankingan untuk mendapatkan rekomendasi terbaik untuk user. Pemilihan busana muslim misalnya, ketika pelanggan memilih busana biasanya mereka juga akan memilih kerudung sebagai pasangan busana tersebut. Pemilihan tersebut berdasarkan kriteria kesesuaian antara busana dengan kerudung. Alasan inilah yang menjadikan Weighted Product sebagai metode dalam penerapan sistem rekomendasi pada e-commerce busana muslim Fazira.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries102410101108;
dc.subjectWEIGHTED PRODUCTen_US
dc.subjectECOMMERCEen_US
dc.titlePENERAPAN SISTEM REKOMENDASI WEIGHTED PRODUCT PADA ECOMMERCE BUSANA MUSLIM FAZIRAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record