Show simple item record

dc.contributor.advisorWahyuni, Sri S.Pd, M.Pd.
dc.contributor.advisorSupriadi, Drs. Bambang M.Sc.
dc.contributor.authorYuniar Kartika Sari, Defrin
dc.date.accessioned2017-01-11T01:10:48Z
dc.date.available2017-01-11T01:10:48Z
dc.date.issued2017-01-11
dc.identifier.nim120210102027
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78435
dc.description.abstractSalah satu komponen penting untuk mendukung keberhasilan pembelajaran IPA adalah bahan ajar. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, umumnya bahan ajar yang ada saat ini belum didesain sesuai dengan kebutuhan siswa dan belum dapat digunakan sebagai bahan ajar mandiri, dimana pada pembelajaran IPA di SMP/MTs penggunaan bahan ajar masih terbatas pada lembar kerja siswa (LKS) dan buku paket, bahan ajar berupa modul masih jarang digunakan. Bahan ajar yang biasa digunakan tersebut dapat mempermudah guru dalam mengelola dan mengatur proses belajar akan tetapi masih linier dan bersifat teoritis yaitu hanya berisi ringkasan materi, rumus-rumus, dan soal-soal latihan, belum banyak membahas IPA dalam kehidupan sehari-hari dan aplikasinya di sekitar lingkungan siswa. Hal ini menjadi salah satu penyebab siswa kurang tertarik belajar IPA, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat). Sehingga, tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan validitas modul, hasil belajar, dan respon siswa terhadap modul pembelajaran IPA berbasis Salingtemas.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) di SMPen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SALINGTEMAS (SAINS, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI, MASYARAKAT) DI SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record