dc.description.abstract | Quality of Service merupakan metode pengukuran tentang seberapa baik
jaringan yang terpasang dan juga merupakan suatu usaha untuk mendefinisikan
karakteristik dan sifat dari satu layanan. Dengan dibuatnya sistem pembayaran
online yang terdapat di PT. PLN (Persero) Jember, layanan internet yang
digunakan hendaknya harus memenuhi standar TIPHON (Telecommunications
and Internet Protocol Harmonization Over Networks). Maka diperlukan optimasi
kinerja QoS sebagai salah satu cara untuk mengetahui seberapa besar kualitas
layanan data yang harus dipenuhi. Parameter QoS yang digunakan untuk analisis
layanan komunikasi data adalah jitter, packet loss, throughtput, dan delay. Dari
hasil analisis data menunjukan bahwa pada jam sibuk (09.00-11.00 WIB) dan non
sibuk (11.00-13.00 WIB) mendapatkan hasil rata – rata indeks QoS sebesar 2,125
dalam kategori “kurang memuaskan”. Dengan kapasitas bandwidth yang
disediakan sebesar 3 Mbps. Kemudian dari hasil perhitungan optimasi bandwidth
yang diperlukan sebesar 7,154 Mbps dan disimulasikan mendapatkan rata –rata
indeks QoS yang sebesar 3,5 dalam kategori “sangat memuaskan”. | en_US |