Show simple item record

dc.contributor.advisorSupeno, Bambang
dc.contributor.advisorUtomo, Satryo Budi
dc.contributor.authorPranata, Yohanes Andri
dc.date.accessioned2016-12-06T07:50:43Z
dc.date.available2016-12-06T07:50:43Z
dc.date.issued2016-12-06
dc.identifier.nim121910201066
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/78324
dc.description.abstractQuality of Service merupakan metode pengukuran tentang seberapa baik jaringan yang terpasang dan juga merupakan suatu usaha untuk mendefinisikan karakteristik dan sifat dari satu layanan. Dengan dibuatnya sistem pembayaran online yang terdapat di PT. PLN (Persero) Jember, layanan internet yang digunakan hendaknya harus memenuhi standar TIPHON (Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks). Maka diperlukan optimasi kinerja QoS sebagai salah satu cara untuk mengetahui seberapa besar kualitas layanan data yang harus dipenuhi. Parameter QoS yang digunakan untuk analisis layanan komunikasi data adalah jitter, packet loss, throughtput, dan delay. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa pada jam sibuk (09.00-11.00 WIB) dan non sibuk (11.00-13.00 WIB) mendapatkan hasil rata – rata indeks QoS sebesar 2,125 dalam kategori “kurang memuaskan”. Dengan kapasitas bandwidth yang disediakan sebesar 3 Mbps. Kemudian dari hasil perhitungan optimasi bandwidth yang diperlukan sebesar 7,154 Mbps dan disimulasikan mendapatkan rata –rata indeks QoS yang sebesar 3,5 dalam kategori “sangat memuaskan”.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectBandwidthen_US
dc.subjectJitteren_US
dc.subjectDelayen_US
dc.subjectPacket Lossen_US
dc.subjectQuality of Service (QoS)en_US
dc.subjectTIPHONen_US
dc.subjectThroughputen_US
dc.titleANALISIS OPTIMASI KINERJA QUALITY OF SERVICE PADA LAYANAN KOMUNIKASI DATA MENGGUNAKAN NS-2 DI PT. PLN (PERSERO) JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record