PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DOTISC (DIRECTION, ORGANIZATION, TUTORING, IMPLEMATION, SOLUTION, AND CONFIRMATION) UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SMP
Abstract
Pembelajaran adalah suatu rangkaian kegiatan belajar yang harus disusun dan
direncanakan oleh guru agar dapat berjalan dengan baik, efektif, dan mencapai
tujuannya. Bukan sekedar melakukan pengajaran dengan guru hanya berperan
menyampaikan materi dan melakukan tranfer informasi ke siswa namun mampu
mengfasilitasi kerja sama antar siswa untuk mengoptimalkan kemampuanya dalam
mengkonstruk pengetahuannya secara aktif sehingga kesenjangan hasil belajar di kelas
dapat ditekan atau dapat meminimalkan heterogenitas kemampuan siswa. Inovasi
dalam pembelajaran dianggap sangat penting agar diupayakan dapat mewujudkan
pembelajaran yang diharapkan. Guru dapat mengoptimalkan kemampuan siswa agar
dapat membantu rekannya berbentuk tutoring dalam kelompok, dan diperlukan Leader
kelompok sejak awal dalam pelaksanaannya yang mengarahkan dan mengingatkan
setiap anggota agar dapat lebih bertanggung jawa terhadap tugasnya dan bersama-sama
fokus mencapai pemahaman yang benar terhadap suatu materi. Oleh karena itu
dikembangkan model pembelajaran yang mengfasilitasi hal tersebut, yakni
Pengembangan Model Pembelajaran DOTISC (Direction, Organization, Tutoring,
Implementation, Solution, and Confirmation) yang dilakukan pada pembelajaran IPA.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas, dan efektivitas
model pembelajaran DOTISC.