dc.description.abstract | Globalisasi telah mencakup beberapa aspek kehidupan manusia di bumi.
Pada bidang ekonomi misalnya, telah terjadi perubahan paradigma seperti
beralihnya ekonomi dari sektor barang ke sektor jasa. Meningkatnya pertumbuhan
sektor jasa juga didorong oleh meningkatnya kemakmuran masyarakat yang
secara tidak langsung membutuhkan layanan jasa lebih guna meningkatkan
kenyamanan hidupnya. Bisnis persewaan peralatan outdoor menjadi salah satu
bisnis di bidang jasa yang telah berkembang cepat. Didasari oleh fenomena
mendaki gunung dan berpetualang di alam bebas yang menjadi tren beberapa
tahun terakhir, selain itu menjamurnya komunitas pecinta alam, dan momentum
bahwasanya peralatan outdoor itu mahal untuk dibeli, sehingga peluang usaha
persewaan ini terbilang sangat menjanjikan. Banyaknya usaha persewaan yang
telah berdiri maka membuat masyarakat semakin banyak pilihan. Masyarakat
akan menilai persewaan mana yang akan memberikan pelayanan maksimal serta
memberi mereka kelebihan daripada yang lain. Dengan adanya hal tersebut
perusahaan memiliki strategi untuk mendapatkan dan mempertahankan konsumen
yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Kualitas
layanan Persepsi Konsumen dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Melalui
Kepuasan Konsumen Pada Reborn Adventure Camping Gears Rental di Jember.
Obyek pada penelitian ini adalah konsumen Reborn Adventure Camping
Gears Rental pada bulan Mei-Agustus 2016. Dengan Populasi pada penelitian ini
adalah semua konsumen Reborn Adventure Camping Gears Rental. Sedangkan
sampel dalam penelitian ini adalah konsumen Reborn Adventure Camping Gears
Rental yang berumur minimal 17 tahun dan telah melakukan pembelian minimal 2
kali, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 114 responden, yang
diperoleh dari seluruh variabel indikator yang digunakan dikalikan dengan 6.
Dalam kajian ini jumlah indikator variabel seluruhnya berjumlah 19. Metode
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur, untuk
mengetahui pengaruh secara langsung dan tidak langsung dari masing-masing
variabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel kepercayaan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel kualitas layanan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, variabel kepercayaan berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas, serta variabel kepuasan konsumen berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas. | en_US |