Show simple item record

dc.contributor.authorWibisono, IP
dc.date.accessioned2016-11-15T01:53:14Z
dc.date.available2016-11-15T01:53:14Z
dc.date.issued2016-11-15
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77752
dc.descriptionFISIP Universitas Jember Jl. Kalimantan 37 Jemberen_US
dc.description.abstractTaman Nasional Meru Betiri (TNMB) yang dikenal sebagai hutan tropis dataran rendah di Propinsi Jawa Timur bagian Selatan, memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan potensi wisata alam. Desa Ekowisata Rajegwesi yang terletak di dalam TNMB telah dikembangkan untuk menjadi lokasi wisata alam yang dikelola bersama masyarakat. Meskipun demikian, angka kunjungan wisatawan masih perlu ditingkatkan dan kondisi lokasi wisata belum sepenuhnya memenuhi harapan wisatawan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis karakteristik wisatawan, mengetahui gambaran mengenai patronage buying motives wisatawan, dan proses keputusan wisatawan untuk berkunjung ke Desa Ekowisata Rajegwesi. Penelitian bersifat deskriptif dan verikatif sedangkan data utama diperoleh dengan distribusi kuisioner kepada 400 orang responden wisatawan yang berkunjung lebih dari satu kali ke Desa Ekowisata Rajegwesi. Analisis menggunakan tujuh variabel Patronage Buying Motives yang memenuhi syarat sebagai variabel bebas yaitu letak lokasi, suasana, fasilitas, harga, kualitas personal, promosi dan keamanan. Sementara itu keputusan pembelian sebagai variabel terikat meliputi pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan membeli, dan perilaku setelah pembelian. Pengaruh ketujuh variabel tersebut terhadap keputusan pembelian ditunjukkan oleh persamaan linier Ŷ = 1,346-0,112X1 + 0,196X2-0,058X3+ 0,183X4+ 0,147X5+ 0,107X6+ 0,042X7 dengan probabilitas (Sig) 0,000 (kurang dari 0,05), R2 0,311, dan standard error of the estimation sebesar 0,369994. Pengaruh signifikan ditunjukkan oleh letak lokasi, suasana, harga, personal, dan promosi, sedangkan pengaruh faktor fasilitas dan keamanan tidak signifikan.en_US
dc.description.sponsorshipHibah Dosen Pemula 2016en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseriesHibah Dosen Pemula;2016
dc.subjectDesa Ekowisata Rajegwesien_US
dc.subjectPatronage Buying Motivesen_US
dc.subjectKeputusan Pembelianen_US
dc.titleKarakteristik, Patronage Buying Motives dan Keputusan Wisatawan Dalam Mengunjungi Desa Ekowisata Rajegwesi Pada Taman Nasional Meru Betiri Di Kabupaten Banyuwangien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record