• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    REGISTER PENDIDIKAN PADA TUTURAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI YOSOWILANGUN KIDUL 01 KABUPATEN LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    Dwi Wahyu Setyowati -110210402001_.pdf (843.0Kb)
    Date
    2016-11-15
    Author
    SETYOWATI, Dwi Wahyu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Register adalah variasi bahasa yang menyangkut penggunaan bahasa untuk keperluan dan yang berhubungan dengan suatu bidang kegiatan atau profesi tertentu misalnya, bidang pertanian, kesehatan, pendidikan. Register bidang pendidikan dapat ditemukan dalam pembelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang. Register pendidikan menarik untuk dikaji karena dalam proses pembelajaran penggunaannya sangat bervariasi. Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimanakah register pendidikan yang digunakan oleh guru di dalam menjelaskan pelajaran pada proses pembelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang, (2) Bagaimanakah register pendidikan yang digunakan oleh guru di dalam memberikan perintah pada proses pembelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang, (3) bagaimanakah istilah-istilah bidang pendidikan pada tuturan guru dalam yang proses pembelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang. Sesuai dengan permasalahan penelitian, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) register pendidikan yang digunakan oleh guru di dalam menjelaskan pelajaran pada proses pembelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang, (2) register pendidikan yang digunakan oleh guru di dalam memberikan perintah pada proses pembelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang. (3) Istilah-istilah bidang pendidikan pada tuturan guru dalam yang proses pembelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, kalimat dan istilah, dalam bahasa lisan guru yang merupakan fenomena register. Hasil penelitian menunjukkan bahwa register pendidikan pada tuturan guru dalam menjelaskan pelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang dapat ditemukan pada kegiatan menyampaikan informasi, yang ditandai oleh penggunaan penanda waktu, (sekarang, hari ini, bulan depan, besok); kegiatan menerangkan yang ditandai oleh penggunaan kata-kata kesimpulan (jadi), kata-kata yang menunjukkan urutan kegiatan, (pertama, setelah itu), dan kata-kata penanda contoh/ilustrasi (contoh, misalnya); kegiatan memberikan motivasi yang ditandai oleh kata-kata prasyarat (kalau) dan kata ganti orang (kamu, kalian); kegiatan mengajukan pendapat pribadi yang ditandai oleh penggunaan kata ganti orang (Ibu guru). Register pendidikan pada tuturan guru dalam memberikan perintah ditandai oleh penggunaan imbuhan –kan. Istilah- istilah bidang pendidikan pada tuturan guru dalam proses pembelajaran di SD Negeri Yosowilangun Kidul 01 Kabupaten Lumajang terdiri atas lima kategori yang meliputi, istilah dalam lingkup materi atau isi pelajaran, nama matapelajaran atau bidang pembelajaran, komponen pendidikan, sarana pembelajaran atau alat pembelajaran, dan istilah dalam lingkup kegiatan pembelajaran. Berdasarkan pemaparan mengenai hasil dan pembahasan penelitian tersebut dikemukakan saran kepada beberapa pihak yaitu (1) mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia disarankan membaca hasil penelitian ini untuk mengajukan berbagai permasalahan yang dapat diangkat sebagai bahan diskusi dalam matakuliah sosiolinguistik dan microteaching, (2) guru sekolah dasar disarankan membaca hasil penelitian sebagai pertimbangan dalam memilih istilahistilah yang tepat dalam mendukung proses pembelajaran di kelas, dan (3) peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian yang sejenis dengan bahasan yang lebih meluas dan membandingkan register pendidikan yang berfokus pada karakteristik register yang digunakan pada berbagai jenjang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77750
    Collections
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) [2286]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository