Show simple item record

dc.contributor.advisorM. Sulthon Masyhud
dc.contributor.advisorMuhtadi Irvan
dc.contributor.authorWilis Arum Sari
dc.contributor.authorM. Sulthon Masyhud
dc.contributor.authorMuhtadi Irvan
dc.date.accessioned2016-11-10T02:52:58Z
dc.date.available2016-11-10T02:52:58Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77549
dc.description.abstractContextual teaching and learning merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan nyata. Tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan contextual teaching and learning terhadap hasil belajar IPS pokok bahasan permasalahan sosial pada siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan pola pre- test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa tes obyektif pada pre-test dan post-test. Subyek penelitian yaitu siswa kelas IV yang terdiri dari kelas IVB dan kelas IVC SDN Kebonsari 04 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan uji-t menggunakan program SPSS versi 14.00 Hasil analisis dengan rumus uji-t diperoleh t-hitung = 3,413 dengan keefektifan relative sebesar 54,71%. Hasil perhitungan uji-t di konsultasikan dengan t-tabel pada db = 68, taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh nilai t-tabel = 1,997; dapat diketahui bahwa t-hitung > t-tabel (3,413 > 1,997), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pendekatan contextual teaching and learning  terhadap hasil belajar siswa kelas IV pokok bahasan masalah sosial di SDN Kebonsari 04 Jember tahun pembelajaran 2015/2016.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectpendekatan contextual teaching and learning, hasil belajar, penelitian eksperimental.en_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERMASALAHAN SOSIAL DI SDN KEBONSARI 04 JEMBERen_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record