Show simple item record

dc.contributor.advisorSudarti
dc.contributor.advisorIndrawati
dc.contributor.authorUmi Nadhofa
dc.contributor.authorSudarti
dc.contributor.authorIndrawati
dc.date.accessioned2016-11-09T03:22:29Z
dc.date.available2016-11-09T03:22:29Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77497
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan metode eksperimen terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran fisika pada materi suhu dan kalor di MAN 1 Jember kelas X. Penelitian ini menggunakan 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan metode eksperimen dan kelompok kontrol yang menggunakan model direct instruction. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata berpikir tingkat tinggi siswa kelas ekperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu 59.70 pada kelas kontrol dan 48.42 pada kelas eksperimen. Kemudian dianalisis menggunakan uji-t dengan Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 atau nilai Sig. < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil () ditolak dan hipotesis alternatif () diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan metode eksperimen berpengaruh terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran fisika di MAN 1 Jember kelas X.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectModel Kooperatif NHT, Metode Eksperimen dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggien_US
dc.titlePENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS Xen_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record