dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan menyimak intensif siswa kelas V SDN Slawu 01 Jember pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan kurangnya antusias siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menyimak. Penelitian ini bertujuan menelaah penerapan penggunaan media audio visual, serta meningkatkan keterampilan menyimak intensif siswa kelas V SDN Slawu 01 Jember. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 40 siswa, yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian penerapan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak intensif siswa kelas V SDN Slawu 01 Jember. Hal tersebut terlihat pada skor klasikal keterampilan menyimak intensif siswa sebelum diterapkan media audio visual mengalami peningkatan sebesar 1,33 dari 63,92 pada prasiklus menjadi 65,25 pada siklus 1. Keterampilan menyimak intensif siswa pada siklus 2 juga mengalami peningkatan sebesar 8.5 dari 65,25 pada siklus 1 menjadi 73,75 pada siklus 2. Berdasarkan pembahasan tersebut menunjukkan bahwa keterampilan menyimakintensif menggunakan media audio visual semakin baik. | en_US |