dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara anak kelompok B1 TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Rendahnya keterampilan berbicara anak disebabkan oleh penggunaan metode yang digunakan guru kurang berjalan secara optimal karena gambar yang digunakan guru terbatas sehingga ketika guru bertanya jawab dan meminta anak bercerita keterampilan berbicaranya masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara anak kelompok B1 Melalui Metode Bercerita di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok B1 Melalui Metode Bercerita di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek Penelitian ini adalah anak kelompok B1 yang berjumlah 13 anak, yang terdiri dari 7 anak lakilaki dan 6 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, yang mana tiap siklusnya terdiri dari: pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata keterampilan berbicara yang semula hanya 61,53 pada tahap prasiklus, menjadi 66,82 pada sikulus I, dan meningkat lagi m3njadi 84,13 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita dapat meningkatkan ketermapilan berbicara anak. | en_US |