Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B Melalui Media Buku Bolak-balik Bergambar di TK Dharma Wanita Tunas Harapan Bangsa Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2015/2016
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh media pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, sehingga mengakibatkan rendahnya kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Dharma Wanita Tunas Harapan Bangsa Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui penerapan media buku bolak-balik bergambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitiannya adalah anak kelompok B berjumlah 14 anak yang terdiri atas 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung anak pada anak kelompok B mengalami peningkatan dengan kualifikasi sangat baik. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus 58,10; pada siklus I pertemuan 1: 75,24; pada siklus I pertemuan 2: 82,38; dan pada siklus II 88,10.
Collections
- SRA-Education [1352]