dc.description.abstract | Pembelajaran sejarah menuntut peserta didik memiliki kemampuan menganalisis dan mengkaji nilai-nilai mengenai proses perubahan dan perkembangan masyarakat dari masa lampau hingga masa mendatang. Kemampuan menganalisis akan terwujud apabila di dalam diri peserta didik terdapat motivasi yang kuat, oleh karena itu, pembelajaran sejarah membutuhkan motivasi yang kuat agar dapat mengembangkan kemampuan menganalisis peserta didik dalam mengkaji setiap peristiwa sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script dengan menggunakan media audio-visual peserta didik kelas XI IPS 3 MAN 2 Jember. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 3 MAN 2 Jember, dengan jumlah 26 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar pada setiap siklus. Dari 5 indikator motivasi belajar dapat disimpulkan peningkatan motivasi belajar peserta didik dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 5,9%. Skor motivasi belajar peserta didik secara klasikal pada siklus 1 sebesar 75,64%, dan siklus 2 sebesar 81,5%. Skor ketuntasan hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu 11,5%. Skor ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus 1 sebesar 69,2%, dan siklus 2 sebesar 80,76%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan menggunakan media audio-visual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 3 MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2015/2016. | en_US |