dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan karena media pembelajaran yang digunakan oleh guru hanya menggunakan media poster huruf, sehingga mengakibatkan kemampuan anak kelompok A cenderung menghafal urutan bunyi huruf namun kesulitan dalam menunjuk lambang huruf yang disebutkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media kartu gambar dalam meningkatkan kemampuan anak kelompok A mengenal huruf dan meningkatkan kemampuan anak kelompok A mengenal huruf melalui media kartu gambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitiannya adalah anak kelompok A TK Roudhatul Ulum berjumlah 15 anak yang terdiri atas 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak kelompok A TK Roudhatul Ulum mengalami peningkatan dengan kualifikasi baik. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus 49, pada siklus I 68,33, dan pada siklus II meningkat menjadi 80. | en_US |