Show simple item record

dc.contributor.advisorNurcholif Diah Sri Lestari
dc.contributor.advisorDafik
dc.contributor.authorOkky Alrianto
dc.contributor.authorDafik
dc.contributor.authorNurcholif Diah Sri Lestari
dc.date.accessioned2016-11-07T05:13:27Z
dc.date.available2016-11-07T05:13:27Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77406
dc.description.abstractPenelitian ini mengembangkan perangkat berupa soal matematika tipe PISA pada konteks masyarakat guna mengukur kemampuan literasi matematika siswa SMP. Literasi matematika merupakan kemampuan seseorang untuk merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks masalah, termasuk kemampuan melakukan penalaran secara matematis dan menggunakan konsep, prosedur, dan fakta untuk menggambarkan, menjelaskan dan memperkirakan fenomena. Terdapat empat konteks dalam literasi matematika, salah satunya adalah konteks masyarakat. Permasalahan yang sering dimunculkan pada konteks ini, seperti sistem voting, kebijakan publik, transformasi umum, demografi, statistik nasional, dan masalah ekonomi. Metode yang digunakan pada pengembangan perangkat ini merupakan metode 4D, Thiagaradjan. Tahap-tahap 4D adalah pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Perangkat yang dihasilkan pada penelitian ini adalah berupa lembar kisi-kisi soal, paket soal, alternative jawaban soal, pedoman penskoran, dan pedoman nilai pelevelan. Berdasarkan hasil validasi, perangkat yang dikembangkan memenuhi kategori “baik” dengan nilai 3,29. Nilai reliabilitas soal yang dikembangkan seluruhnya lebih besar dari 0,6 dan kurang dari 0,8. Sehingga soal yang dikembangkan masuk dalam interpretasi reliabilitas tinggi. Berdasarkan kevalidan dan kereliabilitasan yang diperoleh pada perangkat yang dikembangkan, maka dapat dikatakan perangkat siap dan layak untuk digunakan. Perangkat yang dikembangkan diujicobakan di SMP Negeri 11 Jember kelas VIII-D. Berdasar ujicoba tersebut, diperoleh 16,667% siswa berkemampuan literasi matematika level 2, 10% siswa level 3, 46,667% siswa level 4, dan 26,667% siswa level 5.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectsoal lierasi matematika, konteks masyarakat.en_US
dc.titlePengembangan Soal Matematika Tipe PISA Pada Konteks Masyarakat Untuk Mengukur Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMPen_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record