dc.description.abstract | Hakikat pembelajaran IPS merupakan bidang studi yang mempelajari manusia dalam semua aspek kehidupan dan interaksinya dalam masyarakat. Model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization adalah suatu model pembelajaran yang dirancang untuk membuat para siswa bekerja dalam tim-tim pembelajaran kooperatif dan pengemban tanggung jawab yang dimiliki siswa juga akan lebih tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi di SDN Tegalsari 03. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan 1 kali tes di akhir silkus, pertemuan kedua terdiri dari 2 pertemuan dan 1 kali tes di akhir siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tegalsari 03 yang berjumlah 25 siswa, yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization, hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata aktivitas belajar siswa pra siklus sebesar 54,66 meningkat pada siklus I sebesar 69,88 meningkat lagi menjadi 84,37 pada siklus II. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 54,36 menjadi 60,04 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 71,62 pada siklus II. | en_US |