Show simple item record

dc.contributor.advisorMuhtadi Irvan
dc.contributor.advisorM. Sulthon Masyhud
dc.contributor.authorNoorma Putri Setiaji
dc.contributor.authorM. Sulthon Masyhud
dc.contributor.authorMuhtadi Irvan
dc.date.accessioned2016-11-04T03:43:31Z
dc.date.available2016-11-04T03:43:31Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77381
dc.description.abstractTujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh atau dampak dari suatu perlakuan (treatment) tertentu terhadap perubahan suatu kondisi atau keadaan tertentu. Penerapan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru khususnya di SD dalam mata pelajaran IPS masih kurang bervariasi dan memiliki kecenderungan pada metode tertentu sehingga menyebabkan rendahnya minat siswa serta kurang adanya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rambigundam 01 Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan sampel penelitian terdiri atas 50 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen, wawancara, observasi dan tes. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan model cooperative learning tipe STAD dilaksanakan selama 2 minggu, sejak tanggal 9 sampai 25 April 2016. Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan uji normalitas. Uji homogenitas bertujuan untuk mengetahui kondisi suatu kelas homogen atau tidak homogen. Uji normalitas bertujuan untuk mengetahui penyebaran data pada sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan harga= 2,785, kemudian harga dikonsultasikan dengan pada taraf signiikansi 5%, nilen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectmodel cooperative learning tipe STAD, hasil belajar, penelitian eksperimen.en_US
dc.titlePengaruh Model Cooperative Learning Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SDN Rambigundam 01 Jemberen_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record