Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa SMK 17 Agustus Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Mata pelajaran akuntansi di SMK bertujuan untuk membekali siswa dengan berbagai kompetensi dasar, agar mereka menguasai dan mampu menerapkan konsep-konsep dasar, prinsip dan prosedur akuntansi yang benar sesuai dengan kondisi pada kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran akuntansi memang tidak bisa dipahami secara langsung, tetapi harus bertahap sesuai dengan prosedur akuntansi yang sudah ditetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, observasi, wawancara, dan dokumen. Data yang dikumpulkan akan dianalisis dengan melakukan analisis faktor menggunakan Structural Equation Modelling (SEM), dengan program softwer AMOS (Analysis Ofinoment Structure) versi 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk faktor eksternal dalam kesulitan belajar berpengaruh dominan terhadap hasil belajar mata pelajaran Akuntansi siswa SMK 17 Agustus Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi, Hal ini terlihat dari koefisien jalur sebesar 0,730 dengan CR sebesar 14,262 dan diperoleh signifikansi (p) 0,000 < 0,05 dengan kontribusi sebesar 71,54%. Selanjutnya yaitu faktor internal dengan koefisien jalur sebesar 0,274 dengan CR sebesar 4,594 dan diperoleh signifikansi (p) 0,000 < 0,05 dengan kontribusi sebesar 25,756%.
Collections
- SRA-Education [1352]