dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk-bentuk geometri kelompok B1 di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, yang disebabkan kurangnya pembelajaran dalam mengenal bentuk-bentuk geometri dan media yang ada di dalam kelas kurang dimanfaatkan dalam pembelajaran sehingga kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok B1 melalui media benda nyata di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B1 melalui media benda nyata di TK Kartika IV-73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dua siklus, tiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan. Hasil belajar aak dari siklus I 61, 54 menjadi 92, 31 pada sikus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media benda nyata dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. | en_US |