dc.description.abstract | Ujian Nasional merupakan suatu bentuk evaluasi terhadap pencapaian kompetensi peserta didik yang diselenggarakan secara nasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase distribusi materi Ujian Nasinal dan hubungan antara Taksonomi Bloom dan Taksonomi SOLO. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desktriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa soal Ujian Nasional Bidang Studi Matematika SMP/MTs Tahun Pelajaran 2015/2016 memuat materi bilangan sebanyak 8 (20%) butir soal, aljabar sebanyak 12 (30%) butir soal, geometri dan pengukuran sebanyak 14 (35%) butir soal, dan statistika dan peluang sebanyak 6 (15%) butir soal. Tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 4 (10%) butir soal, menerapkan (C3) sebanyak 22 (55,5%) butir soal, menganalisis (C4) sebanyak 11 (27,5%) butir soal, mengevaluasi (C5) sebanyak 2 (5%) butir soal, dan mencipta (C6) sebanyak 1 (2%) butir soal. Sedangkan tingkat pengetahuannya adalah tingkat prosedural (P3) sebanyak 35 (87,5%) butir soal dan konseptual (P2) sebanyak 5 (12,5%) butir soal. Level soal Unistrutural sebanyak 6 (15%) butir soal, Multistruktural sebanyak 17 (42,5%) butir soal, Relasional sebanyak 17 (42,5%) butir soal. Serta hubungan Taksonomi Bloom Revisi dengan Taksonomi SOLO tidak konstan yaitu tingkat C3-Prosedural-Multistruktural (C3P3-M), C3-Prosedural-Relasional (C3P3-R), dan C4-Prosedural-Relasional (C4P3-R) dengan persentase berturut-turut 22,5%, 20%, dan 22,5%. Untuk hubungan tingkat soal yang lain sangat sedikit yaitu C2P2-U, C2P2-M, C2P2-R, C3P3-U, C4P3-M, C4P3-M, C5P3-U, C5P3-R, dan C6P3-R semuanya dengan persentase dibawah 10%. | en_US |