dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pengaruh positif signifikan pada penggunaan media poster terhadap Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas III SDN Ajung 01 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Bahasa sebagai salah satu alat komunikasi lisan ataupun tulisan, alat komunikasi tulisan dapat diaplikasikan dalam bentuk menulis puisi. Media poster adalah media gambar (visual) yang memberikan ide pokok serta perpaduan unsur-unsur seperti garis, kata-kata, dan warna sehingga membuat menarik dan memunculkan daya nalar bagi yang melihatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media poster terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas III SDN Ajung 01 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIIA yang berjumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IIIB yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t jenis independen sample t-test. Hasil uji t menunjukkan = 4,593 dengan tingkat keefektifan relatif hingga 48,93%. Hasil data perhitungan menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (4,593>1,933), sesuai hipotesis alternatif (Ha) mengatakan bahwa ada pengaruh penggunaan media poster terhadap kemampuan menulis puisi diterima. Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media poster terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas III SDN Ajung 01 Jember. | en_US |