dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan kognitif anak kelompok B2 TK Ilmu Al-Quran Sempusari Kaliwates Jember. Terdapat sebagian anak yang kemampuan kognitifnya kurang berkembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B2 dalam Bermain Balok Di TK Ilmu Al-Quran Sempusari Kaliwates Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B2 melalui kegiatan bermain balok di TK Ilmu Al-Quran Kaliwates Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Ilmu Al-Quran. Dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes unjuk kerja, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak kelompok B2 mengalami peningkatan. Hasil nilai rata-rata tes unjuk kerja kemampuan kognitif anak siklus I 69 dan pada siklus II 86. Berdasarkan hasil nilai rata-rata dapat disimpulkan bahwa penerapan bermain balok kemampuan kognitif anak kelompok B2 TK Ilmu Al-Quran meningkat. | en_US |