dc.description.abstract | teaching pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan tujuan tersebut latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas III di SDN 3 Tulungrejo pada pembelajaran IPA. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi hasil belajar adalah dengan menerapkan model pembelajaran quantum teaching. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan motivasi belajar IPA siswa kelas III dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di SDN 03 Tulungrejo Glenmore Banyuwangi 2015-2016 ? serta bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas III dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di SDN 03 Tulungrejo Glenmore Banyuwangi tahun ajaran 2015-2016 ?. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN 03 Tulungrejo dengan jumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan quantum teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA. Hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 3 Tulungrejo mengalami peningkatan dari 57,66 pada pra siklus menjadi 62,62 pada siklus I dan 80,84 pada siklus II. Motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari yang sebelumnya 53 pada pra siklus menjadi 59,38 pada siklus I dan 70,7 pada siklus II. | en_US |