Show simple item record

dc.contributor.advisorSri Wahyuni
dc.contributor.advisorSutrisno Djaja
dc.contributor.authorDewi Retno Palupi
dc.contributor.authorSri Wahyuni
dc.contributor.authorSutrisno Djaja
dc.date.accessioned2016-11-01T01:44:40Z
dc.date.available2016-11-01T01:44:40Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/77262
dc.description.abstractKepala Sekolah sebagai supervisor mempunyai tanggung jawab untuk membantu guru-guru dalam memperbaiki situasi pembelajaran serta mempunyai peran untuk memajukan dan mengembangkan sekolah yang dipimpinnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi Kepala Sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di SMP Negeri 1 Mumbulsari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area. Penentuan subjek dan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah. Informan dalam penelitian ini adalah guru yang bersertifikasi dan guru yang belum bersertifikasi. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Bentuk pelaksanaan supervisi Kepala Sekolah diperoleh melalui analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh Kepala Sekolah sudah berhasil tetapi perlu adanya perbaikan dalam hal pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pengelolaan waktu, dan penggunaan media pembelajaran.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectSupervisi, Kepala Sekolah, Pofesionalisme.en_US
dc.titlePELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP NEGERI 1 MUMBULSARIen_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record