dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar PKn pokok bahasan globalisasi pada siswa kelas IV SDN Kaliwining 05 Jember semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental, dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental sebenarnya (true experimental) dengan pola pre-test – post-test control group design. Subyek dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV SDN Kaliwining 05 Jember, dengan jumlah 58 siswa. Penentuan subyek menggunakan metode populasi yaitu dengan mengambil seluruh subyek siswa kelas IVA dan IVB. Penentuan kelas eksperimental dan kelas kontrol menggunakan metode cluster random sampling. Data hasil belajar Pkn yang dianalisis adalah beda skor tes hasil belajar (pre-test – post-test) menggunakan tes bentuk obyektif. Hasil belajar yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dari domain kognitif (mengngat, memahami, menerapkan, dan menganalisis). Data yang diperoleh dianalis dengan melakukan analisis data statistik menggunakan uji-t. Penghitungan pada uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung= 2,992, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel, db= 56, pada taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh ttabel= 2,0126. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,992 > 2,0216, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terhadap hasil belajar Pkn pada siswa kelas IV SD yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dibandingkan dengan yang diajar tanpa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. | en_US |