Pengaruh Soft Skill dan Motif Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa SMK Negeri 1 Jember
Abstract
Pembelajaran kewirausahaan di SMK selain memahami materi konseptual juga mengharuskan kegiatan praktek pada siswa, dalam hal ini mengembangkan soft skill dan motif berprestasi siswa menjadi penting untuk memperoleh hasil belajar maksimal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif yang bermaksud untuk menguji teori soft skill dan motif berprestasi dalam kaitannya dengan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas x yang berjumlah 103 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan kuesioner dan metode dokumentasi. Sedangkan Analisis data yang dilakukan adalah analisis kuantitatif yang dinyatakan dengan angka-angka dan perhitungannya menggunakan metode standart yang dibantu dengan program Statistical Package Social Sciences (SPSS) Versi 22. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang sebelumnya dilakukan analisis instrumen kemudian uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa variabel soft skill secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar kewirausahaan sebesar 67,6%. Sedangkan variabel motif berprestasi secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar kewirausahaan sebesar 2,4%. Dengan demikian variabel soft skill dan motif berprestasi berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar kewirausahaan sebesar 70% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Collections
- SRA-Education [1352]