dc.contributor.advisor | Khoiri, Abu | |
dc.contributor.advisor | Sandra, Christyana | |
dc.contributor.author | Elysa Purnamasari, Wahyu | |
dc.date.accessioned | 2016-09-05T02:46:44Z | |
dc.date.available | 2016-09-05T02:46:44Z | |
dc.date.issued | 2016 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76939 | |
dc.description.abstract | Evaluasi kinerja RSD dr. Soebandi sampai tahun 2015 masih mengacu pada peraturan dari
Pemerintah Daerah diantaranya dengan pencapaian pendapatan fungsional, indikator mutu
pelayanan dan evaluasi kepuasan pasien. Berdasarkan Laporan tahunan menunjukkan adanya
penurunan kinerja rumah sakit pada tahun 2014 dibanding dari tahun sebelumnya. Dikarenakan
sampai saat ini Rumah Sakit masih bertumpu pada satu perspektif yaitu keuangan, padahal
masih terdapat beberapa perspektif yang dapat mempengaruhi kinerja rumah sakit. Untuk itu
diperlukan alternatif solusi penilaian dengan pendekatan Balanced Scorecard. Tujuan penelitian
untuk menggambarkan kinerja rumah sakit dengan pendekatan Balanced Scorecard. Jenis
penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang diambil yaitu 97 orang pasien dan 88 orang
karyawan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan skor Balanced Scorecard. Hasil
penelitian pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menujukkan retensi karyawan baik,
pelatihan karyawan baik dan kepuasan karyawan cukup puas. pada perspektif proses bisnis
internal, respons times poliklinik cukup baik dan respons times pada 1 apotek kurang baik.
Perspektif pelanggan menunjukkan kepuasan pelanggan cukup puas, retensi pelanggan baik, dan
akuisisi pelanggan kurang baik. Pada perspektif keuangan menunjukkan pertumbuhan
pendapatan fungsional kurang baik, perubahan biaya baik, dan ROI masih kurang baik. kinerja
RSD dr. Soebandi dengan pendekatan Balanced Scorecard cukup baik | en_US |
dc.publisher | UNEJ PRESS | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa; | |
dc.subject | Pertumbuhan dan pembelajaran | en_US |
dc.subject | proses bisnis internal | en_US |
dc.subject | pelanggan | en_US |
dc.subject | keuangan | en_US |
dc.title | Kinerja RSD dr. Soeebandi Kabupaten Jember dengan Pendekatan Balanced Scorecard (BSC) The Performance of dr. Soebandi Regional Hospital in Jember District by Balanced Scorecard (BSC) Approach | en_US |
dc.type | Student Paper | en_US |