Show simple item record

dc.contributor.authorSusanto
dc.contributor.authorSuharto
dc.contributor.authorHobri
dc.date.accessioned2013-12-10T09:40:54Z
dc.date.available2013-12-10T09:40:54Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7672
dc.descriptionLEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS JEMBER Alamat : Jl. Kalimantan No. 37 Jember Telp. 0331-337818, 339385 Fax. 0331-337818en_US
dc.description.abstractKata-kata Kunci : desain, perangkat pembelajaran, pembelajaran realistik, pembelajaran kooperatif, aktivitas siswa, dan hasil belajar Pembelajaran matematika di sekolah selama ini pada umunnya menggunakan urutan sajian sebagai berikut : diajarkan teori/definisi/teorema, diberikan corrtoh-contoh, dan diberikan latihan atau soal. Pola pembelajaran semacam itu menyebabkan guru lebih mendominasi pembelajaran, sementara siswa hanya menjadi pendengar dan pencatat yang baik. Pembelajaran realistik yang dikombinasi dengan pembelajaran Looperatif diharapkan dapat memberikan aktivitas pembelajaran yang lebih berorientasi pada siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (developmental research). Penelitian ini berorientasi pada pengembangan produk,YffiE proses pengembangannya dideskripsikan seteliti mungkin dan produk akhirnya dievaluasi. Dalam penelitian ini yang dikembangkan berupa model pembelajaran, perangkat pembelajaran, dan ins*n-rmen-instrumen yang diperlukan. Secara operasional, proses pengembangan mengacu pada modifikasi model pengembangan Thiagarajarq dengan memperhatikan u"p"[ kualitas produk yang ditetapkan oleh Nieveen, yaitu aspek kevalidan, aspek kepraktisaa dan aspek keefektifan. Hasil penilaian pakar dan praktisi terhadap perangkat pembelajaran. Dalam skala I - 5, nilai rerata total aspek untuk Rencana Pembelajaran sebesar 4,53, buku siswa sebesar 4,55, lembar kerja siswa (LKS) sebesar 4,57, buku guru sebesar 4,39, dan tes hasil belajar sebesar 4,40. Semua nilai mengindikasikan bahwa perangkat pembelajaran y^ng dikembangkan adalah valid. Setelah model dan perangkat pembelajaran diketahui kevalidannya, maka dilakukan ujicoba untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan. Pada ujicoba, keterlaksanaan model dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan menggtrnakan perangkat pembelajaran berada dalam kategori sedang, yntu 3,44. Dengan demikian, kaerlaksanaan model belum tercapai. Begitu pula dengan 4 indikator keefektifan model. Ada beberapa indikator yang belum tercapai. Indikator p€rtama, ketuntasan hasil belajar mencapai 86,110/o (terpenuhi). Indikator kedua, aktivitas siswa dan guru belum terpenuhi. tndikator ketig4 kemampuan guru mengelola pembelajaran, nilai ratamlanya sebesar 3,71beradapada kategori sedang. Sedangkan indikator keempat, yaitu respon siswa sudah memenuhi. Dapat ditarik kesimpulan dalam penelitian pengembangan ini. Dihasilkan perangkat pembelajaran realistik setting kooperatif unhrk SMP kelas I, II, dan IIIir.*" gfrt pembelajaran terdiri dari Rencana Pembelajaran (RP), Buku Siswa Lembar Kegiatrn Sir*u (LKS), dan Buku Guru. Perangkat-perangkat pembelajaran tersebut memenuhi kriteria kevalidan dan hasil uji coba menunjukkan bahwa perangkat pembetajaran tersebut dapat mendukung penerapan model pembelajaran terlaksana secara praktis dan efektif.en_US
dc.description.sponsorshipHIBAH PEKERTI - 2007en_US
dc.publisherFKIP'07en_US
dc.subjectdesainen_US
dc.subjectperangkat pembelajaranen_US
dc.subjectpembelajaran realistiken_US
dc.subjectpembelajaran kooperatif, aktivitas siswa, dan hasil belajaren_US
dc.titleDESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMRI) DENGAN SETTING C00PERATIVE LEARNING SERTA PENGARUHNYA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SLTP KELAS I,II' DAN III DI KABUPATEN JEMBERen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record