dc.description.abstract | Transportasi merupakan salah satu elemen penting baik dalam perkotaan
maupun antar perkotaan, baik dalam provinsi maupun antar provinsi. Dengan melihat
banyaknya masyarakat saat ini yang menggunakan kendaraan pribadi, dapat kita
bayangkan efek negatif yang akan timbul dan berpengaruh kepada lalu lintas
khususnya dimasa sekarang. Salah satu cara mencegah atau setidaknya mengurangi
pemakaian kendaraan pribadi adalah dengan meningkatkan sistem pelayanan
angkutan umum, sehingga pengguna kendaraan pribadi berkenan menggunakan jasa
angkutan umum. Angkutan umum yang beredar seringkali tidak memenuhi standart
kelayakannya di dalam pelayanannya. Masih banyak angkutan umum yang tidak
bekerja sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Banyaknya armada dari
angkutan tersebut yang tidak bekerja sesuai prosedur atau tidak mengikuti standart
mengakibatkan banyak orang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi
dibandingkan dengan angkutan umum. Memperhatikan fenomena tersebut, maka
sangatlah perlu dilakukan evaluasi dari kinerja dari angkutan umum.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode skoring. Metode
skoring diberikan pada setiap poin pertanyaan dalam beberapa aspek pada kuesioner.
Skor pada masing-masing poin pertanyaan memiliki bobot yang berbeda yang
menyebabkan masing-masing perusahaan memiliki skor yang berbeda-beda.
Berdasarkan nilai masing-masing perusahaan yang didapat melalui metode
skoring maka didapatkan beberapa varian nilai dari masing-masing perusahaan.
Pembagian nilai dalam metoe ini dibagi menjadi 5 kriteria yaitu kriteria sangat baik,
baik, cukup, kurang, dan sangat kurang. Perolehan skor tertinggi didapat oleh PT Medali Mas Transportasi dengan skor 93,76. Sedangan perolehan skor terendah
didapat oleh PO Wijaya dengan skor 61,65 | en_US |