dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kreativitas siswa berdasarkan perbedaan kemampuan matematikanya dalam menyelesaikan soal balok. Berdasar pada tujuan, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Jember. Dari seluruh siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Jember tersebut, dibedakan menjadi tiga kategori yaitu siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan ialah peneliti, soal tes, pedoman wawancara dan lembar validasi. Soal tes tersebut mencakup ketiga indikator kreativitas yakni kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Setelah diberi soal tes, diambil siswa dari setiap kategori kemampuan matematika masing-masing 3 siswa untuk diwawancarai. Hasil yang diperoleh menjelaskan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu mencapai 2 indikator kreativitas yakni kefasihan dan kebaruan. Siswa dengan kemampuan matematika sedang, hanya mampu mencapai indikator kefasihan. Sedangkan siswa dengan kemampuan matematika rendah, tidak mampu mencapai ketiga indikator kreativitas yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. | en_US |