dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan dikelas VII G SMPN 7 Jember dengan tujuan meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe scramble. Pembelajaran kooperatif tipe scramble ini menggunakan kartu soal dan kartu jawaban. Scramble adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menggunakan kartu soal dan kartu jawaban sesuai materi bahan ajar kemudian siswa berkelompok mengerjakan soal dan mencari kartu soal untuk jawaban yang cocok. Adapun langkah-langkah dalam pembelajaran ini yaitu membuat kartu soal sesuai materi ajar. Membuat kartu jawaban dengan diacak kartunya, Sajikan materi, Bagikan kartu soal dan kartu jawaban pada kelompok. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan tes. Siklus I dan siklus II terdiri atas satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VII G SMP Negeri 7 Jember mengalami peningkatan. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 7,15%. Untuk aktivitas kelompok juga mengalami kenaikan dari siklus I ke siklus II sebesar 10%. Ketuntasan hasil belajar dari tahap siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 57,13%. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII G SMP Negeri 7 Jember. | en_US |