dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA sebab siswa kurang menguasai konsep dalam pembelajaran IPA, sehingga dibutuhkan suatu metode baru dalam penerapannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain science domioes terhadap hasil belajar IPA sub pokok bahasan rantai makanan siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen desain Non-randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB di SDN Sumbersari 03 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016, yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penghitungan selisih nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kontrol yang menunjukkan bahwa sebesar 4,537 dan sebesar 1,998, maka > yaitu 4,537 > 1,998 dari db = 64 pada taraf signifikansi 5% sehingga ditolak dan diterima. Selain itu, Dari hasil penghitungan keefektifan relatif diperoleh hasil ER sebesar 49,17% sehingga dapat disimpulkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa kelas IVA yang diajar dengan metode bermain science dominoes lebih baik 49,17% dibandingkan dengan kelas IVB yang diajar tanpa metode bermain science dominoes. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember antara siswa yang belajar dengan metode bermain science dominoes dan siswa yang belajar tanpa menggunakan metode bermain science dominoes. | en_US |