dc.description.abstract | Model pembelajaran berbasis proyek lebih memusatkan pada masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari bagi siswa, peran guru menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan dan memfasilitasi siswa dalam merancang sebuah proyek yang kemudian akan mereka kerjakan dalam waktu yang sudah guru sediakan sesuai dengan konsep yang diajarkan. Harapannya siswa dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarnya selama mengkuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model Project Based Learning pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di SDN Pocangan 1 Jember semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa, yang terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model Project Based Learning aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Skor aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 36,4 dengan kriteria kurang aktif, pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 58,6 dengan kriteria cukup aktif, dan aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar 74,4 dengan kriteria aktif. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 59,1 dengan kriteria kurang, pada siklus I hasil belajar siswa sebesar 63,4 dengan kriteria cukup baik, dan pada siklus II hasil belajar siswa sebesar 75,1 dengan kriteria baik. | en_US |