• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Joyfull Learning pada Sub Pokok Bahasan Segitiga untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP

    Thumbnail
    View/Open
    LOVIGA DENNY PRATAMA.odt (257.4Kb)
    Date
    2016
    Author
    Loviga Denny Pratama
    Hobri
    Nurcholif Diah Sri Lestari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan Joyfull Learning pada sub pokok bahasan Segitiga bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil kelayakannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan dilakukan berdasarkan pada model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg & Gall dengan meliputi tujuh tahap yaitu pengumpulan informasi (research and information collecting), melakukan perencanaan (planning), pengembangan produk awal (develop preliminary form of product), uji terbatas/uji kelompok kecil (preliminary field testing), revisi hasil uji terbatas (main product revision), uji lapangan/uji kelompok besar (main field testing), revisi hasil uji kelompok besar (operational product revision). Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian adalah lembar validasi instrumen perangkat pembelajaran, observasi, angket respon, dan tes hasil belajar. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis untuk memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Berdasarkan hasil analisis data, studi dikategorikan lebih baik dan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Dari analisis THB terdapat peningkatan hasil belajar dengan rata-rata kenaikan nilai sebesar 49. selain itu juga mengalami peningkatan motivasi pada aspek attention sebesar 0,98; relevance 0,93; confidence 0,96; satisfaction 1,51.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76009
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository