Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Kemampuan Membaca Sekilas Siswa Kelas VA SDN Karangrejo 03 Jember
View/ Open
Date
2016Author
Linda Rahmawati
Suhartiningsih
Nanik Yuliati
Metadata
Show full item recordAbstract
Kurangnya motivasi dalam diri siswa dan ketergantungan pada buku teks menjadi penyebab rendahnya kemampuan membaca dan memahami isi bacaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia disekolah dasar. Media video merupakan salah satu alternatif media yang dapat digunakan oleh guru agar menjadikan pembelajaran lebih menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap kemampuan membaca sekilas siswa kelas VA SDN Karangrejo 03 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pola eksperimen semu. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VA dan VB SDN Karangrejo 03 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa skor pre-test dan post-test siswa yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan uji-t diperoleh harga thitung = 2,386 lebih besar dari ttabel dengan db = 59 pada taraf signifikansi 5% yang diperoleh harga 2,001. Hasil perhitungan keefektifan relatif diperoleh 45,14% yang termasuk dalam kategori keefektifan sedang. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh penggunaan media video terhadap kemampuan membaca sekilas siswa kelas VA SDN Karangrejo 03 Jember diterima.
Collections
- SRA-Education [1352]