Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Kartu Bergambar pada Anak Kelompok A2 di TK Jember Permai I Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016
View/ Open
Date
2016Author
Khusnul Nur Aisyah
Nanik Yuliati
Syarifuddin
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di TK Jember Permai I Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan media kartu bergambar dalam pembelajaran berhitung permulaan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A2 yang masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan media kartu bergambar dalam pembelajaran berhitung permulaan dan peningkatan kemampuan berhitung permulaan dengan menggunakan media kartu bergambar pada anak kelompok A2 di TK Jember Permai I. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A2 TK Jember Permai I dengan jumlah anak 19 yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil observasi kemampuan berhitung permulaan anak dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A2 mengalami peningkatan dengan kualifikasi Sangat Baik. Nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 77,05 pada pertemuan 1, 84,84 pada pertemuan 2 dan 91,78 pada siklus II.
Collections
- SRA-Education [1352]