dc.description.abstract | Pengembangan perangkat pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu perangkat pembelajaran sesuai teori yang ada. Pengembangkan perangkat pembelajaran matematika berstandar NCTM pada pokok bahasan Bentuk Akar di SMK Kelas X bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil kelayakannya. NCTM merupakan organisasi guru dan pendidik matematika di Amerika Serikat. Pembelajaran matematika menurut NCTM harus mencapai pemahaman dalam materi sehingga pembelajarannya memiliki makna. Perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS), Buku Siswa dan Tes Hasil Belajar. Tempat uji coba penelitian ini adalah SMKN 5 Jember pada kelas X MMD 2 yang berjumlah 38 siswa. Proses pengembangan dilakukan berdasarkan pada model 4-D Thiagarajan yang meliputi empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian adalah lembar validasi instrumen perangkat pembelajaran, observasi, angket respon, dan tes hasil belajar. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis untuk memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Dari hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validitas RPP, LKS, Buku Siswa dan THB berturut-turut adalah 0,93; 0,89; 0,92; dan 0,82. Begitu juga dengan hasil analisis data aktivitas guru, aktivitas siswa, respon dan tes hasil belajar telah memenuhi kriteria masing-masing. Secara keseluruhan berdasarkan hasil analisis data, perangkat pembelajaran dikategorikan baik dan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. | en_US |