Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Kenampakan Alam dan Buatan pada Siswa Kelas V di SDN Tegal Besar 02 Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Tegal Besar 02 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Non-equivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas V SDN Tegal Besar 02 Jember. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Tegal Besar 02 Jember berjumlah 32 siswa sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas VB SDN Tegal Besar 02 Jember berjumlah 35 sebagai kelompok eksperimen. Cara menentukan sampel penelitian ini dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes jenis objektif dalam bentuk pilihan ganda biasa untuk ranah kognitif. Selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisisi statistik uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang siginifikan hasil belajar IPS antara siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 20,002 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelompok kontrol adalah 14,158. Dari perhitungan dengan uji-t diperoleh thitung = 2,171 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan db = (32+35)-2= 65 adalah 1,998, sehingga thitung > ttabel (2,171>1,998). sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar IPS pokok bahasan kenampakan alam dan buatan pada siswa kelas V di SDN Tegal Besar 02 Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]