dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 02 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan pemecahan masalah. Hal ini dikarenakan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran matematika masih rendah, salah satunya diakibatkan siswa tidak pernah diberikan soal pemecahan masalah. Jenis penelitianini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian terdiri atas 38 siswa.Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Keterampilan berpikir kritis siswa pada siklus 1 mencapai 37,17 berada pada kualifikasi sangat kurang, pada siklus 2 meningkat menjadi 76,81 berada pada kualifikasi baik. Hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai 27,73 berada pada kriteria sangat kurang, pada siklus 2 meningkat menjadi 70,3 berada pada kriteria baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pemecahan masalah matematika dapat meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan volume kubus dan balok kelas V di SDN Sumbersari 02 Jember. | en_US |