Pelaksanaan administrasi keuangan penjualan karcis pada PT Kereta Api (Persero) daerah operasi IX Jember
Abstract
Tujuan utama dari setiap didirikannya perusahaan baik yang bergerak
dalam bidang industri, perdagangan, maupun jasa dalam menjalankan
operasinya adalah untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya
sehingga perusahaan tersebut dapat mempertahankan kelangsungan hidup dan berkembang secara berkesinambungan di masa yang akan datang.
Perwujudan suatu tujuan tersebut tidaklah mudah dan diperlukan usaha
yang sungguh-sungguh dilakukan oleh perusahaan. Di dalam mencapai
tujuan yang diinginkan itu banyak sekali kegiatan yang dilakukan misalnya :
produksi, pemasaran (penjualan), personalia dan administrasi maupun
kegiatan-kegiatan lainnya.
Pemasaran merupakan suatu kegiatan operasional yang sangat penting
dan merupakan aspek yang paling besar peranannya dalam mencapai tujuan
perusahaan guna meningkatkan volume penjualan. sebab keberhasilan suatu
perusahaan akan dapat dicapai apabila kegiatan pemasaran dapat berjalan
dengan baik. Disamping itu kegiatan pemasaran pada dasarnya merupakan
kegiatan awal sebelum produksi dilaksanakan. Usaha pemasaran akan lebih
berhasil bila konsumen yang dituju sudah ditentukan sebelumnya dan bukan
masyarakat secara menyeluruh. Konsumen yang dituju merupakan individu-individu
yang harus dilayani oleh perusahaan dengan memuaskan.
Pemasaran yang efektif mempengaruhi suatu pengetahuan tentang
penjelasan keinginan konsumen yang ditujukan terhadap barang yang diinginkan PT. Kereta Api (Persero) sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara
bergerak dibidang jasa angkutan penumpang dan barang. Perlu adanya
pelaksanaan administrasi keuangan yang baik, sehingga dapat memperlancar kegiatan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan.