PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERINTEGRASI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS LINGKUNGAN LUAR KELAS PADA TOPIK KESEBANGUNAN BAGI SISWA SMP UNTUK MENUNJANG PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 TIM PENELITI: Ketua: Drs. Didik Sugeng Pambudi, M.S NIDN. 0003116803 Anggota: Prof. Dr. Sunardi, M.Pd NIDN. 0001055408 Dibiayai oleh DIPA Direktorat Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan TA 2015 Nomor DIPA: 023.04.1.673453/2015 Tanggal : 14 November 2014 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER NOVEMBER 2015 Bidang Pendidikan
dc.contributor.author | Sugeng Pambudi, D | |
dc.contributor.author | Sunardi | |
dc.date.accessioned | 2016-06-03T08:21:03Z | |
dc.date.available | 2016-06-03T08:21:03Z | |
dc.date.issued | 2016-06-03 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74501 | |
dc.description | Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan 37 Jember Telepon 0331 337818 | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian Pengembangan (Research and Development) ini direncanakan dilaksanakan selama 2 tahun (2015 dan 2016). Metode yang digunakan adalah model Penelitian Pengembangan dari Plomp yang dimodifikasi menjadi (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi/konstruksi, (4) fase uji validasi dan (5) fase uji coba model dan Diseminasi hasil penelitian. Penelitian tahun pertama (2015) melakukan 3 fase (fase 1, 2 dan 3), dengan tujuan mengembangkan model Pembelajaran Matematika Realistik Terintegrasi Pendekatan Saintifik (Model PMRS) Berbasis Lingkungan Luar Kelas Pada Topik Kesebangunan Bagi Siswa SMP untuk Menunjang Pelaksanaan Kurikulum 2013. Produk penelitian tahun pertama berupa prototipe I Buku Model PMRS dilengkapi Perangkat Pembelajaran yang meliputi Buku Siswa, Buku Guru, RPP, LKS dan THB serta instrument penelitian untuk memvalidasi produk tersebut. Penelitian lanjutan tahun kedua (2016) akan melanjutkan fase 4 dan 5 dengan tujuan untuk melakukan Uji validasi produk prototipe I serta melakukan uji coba Model PMRS. Produk akhir tahun kedua ditargetkan diperoleh Buku Model PMRS beserta perangkat pembelajaran pendukung model yang valid, praktis, dan efektif. Model ini diharapkan bermanfaat sebagai referensi bagi pemerhati pendidikan matematika, Dosen, mahasiswa pendidikan matematika, serta khususnya bagi guru matematika yang mengajar di SMP dalam usaha menunjang pelaksanaan Kurikulum 2013. | en_US |
dc.description.sponsorship | Hibah Bersaing - 2015 | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | FKIP - 2015 | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Hibah Bersaing;2015 | |
dc.subject | Penelitian Pengembangan | en_US |
dc.subject | Model PMRS | en_US |
dc.subject | Perangkat Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Materi Kesebangunan SMP | en_US |
dc.subject | Kurikulum 2013. | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERINTEGRASI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS LINGKUNGAN LUAR KELAS PADA TOPIK KESEBANGUNAN BAGI SISWA SMP UNTUK MENUNJANG PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 TIM PENELITI: Ketua: Drs. Didik Sugeng Pambudi, M.S NIDN. 0003116803 Anggota: Prof. Dr. Sunardi, M.Pd NIDN. 0001055408 Dibiayai oleh DIPA Direktorat Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan TA 2015 Nomor DIPA: 023.04.1.673453/2015 Tanggal : 14 November 2014 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER NOVEMBER 2015 Bidang Pendidikan | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
LRR-Hibah Bersaing [348]
Laporan Hasil Penelitian Hibah Bersaing