| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosial ekonomi terhadap pendapatan keluarga guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didukung oleh data sekunder, yang diperoleh dari Kantor Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Jember, dan   Kantor Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan alat  analisis regresi linier berganda yang menghitung apakah ada pengaruh yang nyata antara pendidikan, lama bekerja, penggunaan waktu luang dan tanggungan keluarga terhadap pendapatan keluarga guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kaliwates  Kabupaten Jember. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari wawancara dan kuesioner.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa antara variabel bebas, yaitu pendidikan, lama bekerja, penggunaan waktu luang, dan tanggungan  keluarga berpengaruh terhadap pendapatan keluarga guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kaliwates, berpengaruh secara nyata.
Simpulan dari penelitian tersebut  dapat  diketahui bahwa dari  ke empat variabel yaitu ; pendidikan akan berpengaruh positif terhadap pendapatan keluarga guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kaliwates sebesar Rp 417.000, lama bekerja berpengaruh  positif terhadap pendapatan keluarga guru Sekolah Dasar Negeri di  Kecamatan Kaliwates sebesar Rp 122.500, penggunaan waktu luang  berpengaruh positif terhadap  pendapatan keluarga guru Sekolah  Dasar Negeri di Kecamatan Kaliwates sebesar Rp 5.000, dan tanggungan  keluarga berpengaruh positif terhadap pendapatan keluarga guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kaliwates  sebesar Rp 23.000. Peningkatan pendidikan dengan jalan memberikan kemudahan bagi guru-guru yang ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dan adanya peningkatan pendapatan dengan jalan menaikkan gaji dan memberikan tunjangan-tunjangan lain sehingga pendapatan keluarga guru dapat meningkat . | en_US |