Profil Pemecahan Masalah Sub Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel pada Siswa Kelas IX MtsN 1 Jember dengan Tahapan Polya ditinjau berdasarkan Adversity Quotient (AQ)
View/ Open
Date
2016Author
Dyah Ayu Setyorini
Suharto
Dinawati Trapsilasiwi
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah dengan Tahapan Polya ditinjau berdasarkan Adversity Quotient (AQ). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis data yang diambil berupa data primer. Populasi penelitian ini adalah siswa MtsN 1 Jember Kelas XI. Subjek penelitian ini diambil menggunakan Angket Adversity Reponse Profile (ARP) untuk menentukan kemampuan Adversity Quotient siswa yaitu Climber, Camper dan Quitter dalam memecahkan masalah dengan tahapan Polya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan tes soal cerita masalah nyata. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen penelitian yang digunakan telah memenuhi validitas dan reliabilitas. Hasil Penelitian menujukkan bahwa terdapat perbedaan karakteristik siswa berkemampuan Climber, Camper dan Quitter. Perbedaan terlihat dari kemampuan yang dimiliki siswa yang berpengaruh terhadap cara pengerjaan soal. Siswa berkemampuan Climber menyelesaikan masalah dengan Tahapan yang diberikan secara tertata dan runtun, meskipun dibantu dengan menggunakan gambar serta simbol-simbol. Siswa berkemampuan Camper dalam menyelesaikan masalah tidak memenuhi Tahapan menyusun rencana dan melihat kembali serta dan cenderung mudah menyerah. Sedangkan siswa berkemampuan Quitter tidak melalui semua tahapan Polya kecuali hanya pada memahami masalah.
Collections
- SRA-Education [1352]