Show simple item record

dc.contributor.advisorHobri
dc.contributor.advisorSusanto
dc.contributor.authorDhika Elvira Maylistiyana
dc.contributor.authorHobri
dc.contributor.authorSusanto
dc.date.accessioned2016-06-01T01:39:19Z
dc.date.available2016-06-01T01:39:19Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74376
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada materi perbandingan dan skala berbasis Scientific Approach berorientasi Problem Based Learning yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan Plomp. Tahap-tahap yang dilalui untuk mendapatkan LKS dan RPP yang valid, praktis dan efektif antara lain, (1) tahap investigasi awal; (2) tahap perancangan; (3) tahap realisasi; (4) tahap tes, evaluasi, dan revisi; (5) tahap implementasi. Materi pembelajaran yang dikembangkan adalah perbandingan dan skala. Ujicoba dilakukan pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Jenggawah. Instrumen yang digunakan adalah instrumen validasi LKS, RPP, dan THB; instrumen observasi aktivitas guru, instrumen observasi aktivitas siswa, dan lembar angket respon siswa. Pengembangan LKS dan RPP berbasis Scientific Approach yang berorientasi Problem Based Learning mempunyai koefisien validitas sebesar 0,91 untuk RPP; 0,93 untuk LKS; dan 0,91 untuk THB. Tingkat pencapaian aktivitas guru pada pertemuan pertama hingga pertemuan keempat berturut-turut: 90,8%, 89,2%, 87,5%, dan 90% dengan kategori baik pada setiap pertemuan. Persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama hingga pertemuan keempat berturut-turut: 81,3%, 88,5%, 89,1%, dan 91,1%, sehingga persentase aktivitas siswa pada keempat pertemuan dapat dikategorikan baik. Dari analisis data THB diperoleh data ketuntasan hasil belajar 80% siswa yang mengikuti pembelajaran mampu mencapai tingkat penguasaan materi skor minimal 68. Sedangkan dari analisis angket respon siswa diperoleh persentase sebesar 81% siswa yang memberi respon positif. Maka pengembangan LKS dan RPP materi perbandingan dan skala berbasis Scientific Approach yang berorientasi Problem Based Learning telah memenuhi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectModel pengembangan Plomp, Scientific Approach, Problem Based Learningen_US
dc.titlePengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Materi Perbandingan dan Skala Berbasis Scientific Approach yang Berorientasien_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record