Show simple item record

dc.contributor.authorVICTORYA SUZAN HERLINDA, MARETA
dc.date.accessioned2016-06-01T01:19:02Z
dc.date.available2016-06-01T01:19:02Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74371
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang masih aktif S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Jember angkatan 2011 berjumlah 164 mahasiswa. Besar sampel ditentukan dengan rumus slovin sebesar 62 mahasiswa dengan menggunakan teknik random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji f diketahui Fhitung (41.284) > Ftabel (2.53) sehingga Ho ditolak atau Ha diterima. Hal ini berarti varitabel Kecerdasan Emosional (X1), Kecerdasan Spiritual (X2), Kecerdasan Sosial (X3) dan Perilaku Belajar (X4) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Pemahaman Akuntansi (Y). Sementara berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung Kecerdasan Emosional (2.092), Kecerdasan Spiritual (2.174), Kecerdasan Sosial (2.633), Perilaku Belajar (2.640) > ttabel (2.00247) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima berarti secara parsial Kecerdasan Emosional (X1), Kecerdasan Spiritual (X2), Kecerdasan Sosial (X3) dan Perilaku Belajar (X4) terhadap Pemahaman Akuntansi (Y). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi baik secara simultan ataupun parsial.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJ PRESSen_US
dc.relation.ispartofseriesARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
dc.subjectkecerdasan emosionalen_US
dc.subjectkecerdasan spiritualen_US
dc.subjectkecerdasan sosialen_US
dc.subjectperilaku belajaren_US
dc.subjectpemahaman akuntansien_US
dc.titlePengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Angkatan Tahun 2011 Universitas Jember)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record