Show simple item record

dc.contributor.advisorSuratno
dc.contributor.advisorBevo Wahono
dc.contributor.authorCicik Farida
dc.contributor.authorSuratno
dc.contributor.authorBevo Wahono
dc.date.accessioned2016-05-30T04:11:41Z
dc.date.available2016-05-30T04:11:41Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74282
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan model TPSTS pada pelajaran IPA Biologi siswa kelas VIID SMPN 10 Jember. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan metode tes. Hasil yang didapat dari penerapan pendekatan saintifik dengan model TPSTS adalah terjadi peningkatan keterampilan siswa dalam memecahkan suatu permasalahan dan hasil belajar siswa. Pada prasiklus keterampilan pemecahan masalah 11,1% meningkat menjadi 61,1% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,7%. Untuk aspek kognitif dari prasiklus 19,44% menjadi 75% pada siklus I, meningkat menjadi 94,4% pada siklus II dan aspek afektif sebesar 71,2% meningkat menjadi 88,63% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa pendekatan saintifik dengan model TPSTS dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar siswaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjecthasil belajar, keterampilan pemecahan masalah, pendekatan saintifik, model Think Pair Square Talkball Share (TPSTSen_US
dc.titlePenerapan Pendekatan Saintifik dengan Model Think Pair Square Talkball Share (TPSTS) dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar IPA Biologi (Siswa Kelas VIID SMP Negeri 10 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record