Show simple item record

dc.contributor.advisorArika Indah Kristiani
dc.contributor.advisorHobri
dc.contributor.authorAnggraeni Tribuana Tungga Dewi
dc.contributor.authorHobri
dc.contributor.authorArika Indah Kristiani
dc.date.accessioned2016-05-30T03:32:30Z
dc.date.available2016-05-30T03:32:30Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74256
dc.description.abstractPenelitian ini mendeskripsikan profil berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif reflektif-impulsif. Instrumen yang digunakan ialah tes MFFT (Matching Familiar Figure Test), tes pemecahan masalah, dan wawancara. Tes MFFT (Matching Familiar Figure Test) digunakan untuk menggolongkan gaya kognitif reflektif-impulsif Dari hasil tes MFFT diperoleh 18 siswa reflektif dan 5 siswa impulsif yang selanjutnya dilakukan tes pemecahan masalah dan wawancara dengan tujuan mengetahui profil berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa siswa bergaya kognitif reflektif  memenuhi semua indikator berpikir kritis diantaranya fokus (focus), alasan (reason), kesimpulan (infrent), situasi (stuafion), kejelasan (clear) dan pemeriksaan secara menyeluruh (overview), dan siswa bergaya kognitif impulsif  hanya memenuhi beberapa kriteria berpikir kritis diantaranya fokus (focus) dan alasan (reason). Hal ini sesuai dengan definisi gaya kognitif impulsif  adalah cepat merespon dan mengambil keputusan tanpa berpikir lebih dalam sehingga siswa hanya memenuhi kriteria fokus (focus) dan alasan (reason).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectBerpikir Kritis, Reflektif, Impulsif, MFFTen_US
dc.titleProfil Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jember Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif Dalam Memecahkan Masalah Matematikaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record