dc.contributor.advisor | Arika Indah Kristiani | |
dc.contributor.advisor | Hobri | |
dc.contributor.author | Anggraeni Tribuana Tungga Dewi | |
dc.contributor.author | Hobri | |
dc.contributor.author | Arika Indah Kristiani | |
dc.date.accessioned | 2016-05-30T03:32:30Z | |
dc.date.available | 2016-05-30T03:32:30Z | |
dc.date.issued | 2016 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74256 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini mendeskripsikan profil berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif reflektif-impulsif. Instrumen yang digunakan ialah tes MFFT (Matching Familiar Figure Test), tes pemecahan masalah, dan wawancara. Tes MFFT (Matching Familiar Figure Test) digunakan untuk menggolongkan gaya kognitif reflektif-impulsif Dari hasil tes MFFT diperoleh 18 siswa reflektif dan 5 siswa impulsif yang selanjutnya dilakukan tes pemecahan masalah dan wawancara dengan tujuan mengetahui profil berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa siswa bergaya kognitif reflektif memenuhi semua indikator berpikir kritis diantaranya fokus (focus), alasan (reason), kesimpulan (infrent), situasi (stuafion), kejelasan (clear) dan pemeriksaan secara menyeluruh (overview), dan siswa bergaya kognitif impulsif hanya memenuhi beberapa kriteria berpikir kritis diantaranya fokus (focus) dan alasan (reason). Hal ini sesuai dengan definisi gaya kognitif impulsif adalah cepat merespon dan mengambil keputusan tanpa berpikir lebih dalam sehingga siswa hanya memenuhi kriteria fokus (focus) dan alasan (reason). | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | Berpikir Kritis, Reflektif, Impulsif, MFFT | en_US |
dc.title | Profil Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jember Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif Dalam Memecahkan Masalah Matematika | en_US |
dc.type | Article | en_US |