dc.description.abstract | Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui suatu perlakuan terhadap suatu variabel terikat. Pembelajaran menulis puisi masih terkendala minat dan kemampuan siswa yang masih rendah, keterampilan mengajar guru yang masih kurang, terbatasnya media pembelajaran, pembelajaran masih terpusat pada guru, serta pembelajaran yang digunakan cenderung monoton. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan sampel penelitian terdiri atas 83 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan metode writing in the here and now dilaksanakan selama 5 hari, sejak tanggal 10 sampai 15 Desember 2015. Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan uji normalitas. Uji homogenitas bertujuan untuk mengetahui kondisi suatu kelas homogen atau tidak homogen. Uji normalitas bertujuan untuk mengetahui penyebaran data pada sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan harga= 2,010, kemudian harga dikonsultasikan dengan yang memiliki = 39+40-2=77 pada taraf signiikansi 5%, nilai db = 77 mempunyai = 1,994. Berdasarkan penghitungan tersebut dapat diketahui bahwa > (2,210 > 1,994). Hal tersebut menunujukkan bahwa hipotesis nihil ditolak () dan hipotesis alternatif ()diterima. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan metode writing in the here and now terhadap keterampilan melengkapi puisi anak berdasarkan gambar pada siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Kabupaten Jember. | en_US |